Friday, October 24, 2014

Sekelumit Tentang SDN Ciruas 4

Sekolah Dasar Negeri Ciruas 4 satuan pendidikan dasar terletak di daerah  komplek perumahan yang masyarakatnya heterogen berasal dari berbagai macam daerah, suku dan bahasa. Dengan posisi yang sangat strategis ini.
SD Negeri Ciruas 4  dituntut meningkatkan mutu pendidikan, sehingga meluluskan siswa-siswi yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan teknologi yang berlandasan pada keimanan dan ketaqwaan. Selain itu juga siswa-siswi SD Negeri Ciruas 4 harus memiliki kemampuan, keterampilan dan kecakapan sehiggaa dapat bersaing bahkan unggul dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain. Hanya yang menjadi kendala di SD Negeri Ciruas 4 yaitu sarana dan prasarananya belum lengkap.
Guna mengatasi kendala tersebut maka pihak SD Negeri 4 Ciruas membutuhkan sarana dan prasarana yang lengkap agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik.

A.   SD Negeri Ciruas 4

SD Negeri Ciruas 4 mulai berdiri tahun 1982 yang diprakarsai oleh Kepala Departement pendidikan dan kebudayaan, masyarakat Kampung Ciruas Desa Ranjeng Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang.
Alhamdulillah setelah adanya program Bantuan Ooperasional Sekolah (BOS) SD Negeri Ciruas 4 tidak lagi memungut biaya apapun kepada siswa. Sehingga hal ini sangat disambut dengan gembira oleh warga masyarakat kampus ciruas dan sekitarnya yang sebagian besar penghasilan tidak tetap.Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kami jadikan upaya peningkatan mutu dan pelayanan kepada siswa sehingga mereka mampu bersaing dan memiliki kompetensi dasar lulusan. Kami bertekad walaupun keberadaan SDN Ciruas 4 ditengah-tengah masyarakat yang berpenghasilan rendah, tetapi kami berupaya menciptakan kualitas para lulusan yang sejajar dengan sekolah-sekolah lain yang berada di perkotaan.
SD Negeri Ciruas 4 dibangun diatas tanah seluas 3473 M2 dengan luas bangunan seluruhnya 1680 M2 , dengan jumlah siswa sebanyak 540 orang yang berasal dari lingkungan masyarakat kampung ciruas dan sekitarnya kecamatan ciruas, dengan jumlah pengajar 19 orang guru. Letak SDN CIruas 4 yang strategis yaitu perlintasan antara desa ciruas dan komplek BCP.  Sehingga jumlah siswa setiap tahunnya terus meningkat.
SDN Ciruas 4 mempunyai ruang belajar sebanyak 14 ruang terdiri dari 13 ruang belajar dan satu ruang kantor. Walau keberadaannya belum memenuhi standard, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang perpustakaan yang kesemuanyanya itu berfungsi dengan baik. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pagi hari.
Tahun demi tahun dirasakan SDN Ciruas 4 mengalami peningkatan dan perkembangan namun diakui mutu pendidikan belum sesuai denganapa yang diharapkan SDN Ciruas 4 bertekadmenjadikan pendidikan bermutu untuk semua.


B.   Rencana Pengembangan Sekolah
VISI
Mewujudkan sekolah berprestasi yang dilandasi dengan iman dan taqwa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa da bernegara.

MISI
ü  Membentuk anak beriman, bertaqwa, cerdas, dan terampil
ü  Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan agama dan umum
ü  Mempersiapka generasi penerus yang aktif, kreatif dan berjiwa demokratis
ü  Meningkatkan kwalitas tenaga kependidikan
ü  Meningkatkan mutu proses kegiatan belajar mengajar
ü  Meningkatkan kerjasama antar kepala sekolah, guru, masyarakat dan instansi yang terkait
ü  Mengembangkan kegiatan eksra kuriluler

C.   Strategi Sekolah
ü  Mengembangkankemampuan intelektual emosional anak
ü  Anak mampu belajar baik secara individu maupun kelmpok
ü  Mempersiapkan anak untuk menjadi seorang yang mempunyai rasa percaya diri dan saling menghargai
ü  Menciptakan suasana sekolah yang kondusif untuk belajar
ü  Menumbuhkan rasa percaya dan simpati mayarakat erhadap sekolah

No comments:

Post a Comment